KOMPETENSI
DASAR PENDIDIKAN BAHASA
INDONESIA
SEKOLAH DASAR KELAS I - VI
KELAS I
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BERDASARKAN
PERMENDIKNAS NO. 22 TAHUN 2006
|
USULAN KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan
di rumah.
1.3 Membacakan doa dengan pengucapan
yang baik
1.4 Mendengarkan cerita dan puisi
tentang perilaku terpuji (perhatian pada sesama makhluk hidup dan
lingkungannya)
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Menunjukkan perilaku yang baik dan sopan dalam
mendengarkan dan berbicara pada saat memperkenalkan identitas diri,
bercakap-cakap dengan keluarga, guru, dan teman
2.2 Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat,
terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.3 Menunjukkan perilaku pola hidup sehat
(perawatan tubuh, pemenuhan gizi, lingkungan yang sehat, main dan istirahat
yang cukup) dan menyayangi makhluk hidup
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
MENDENGARKAN
1.1 Mendengarkan pelafalan, kata, dan intonasi kalimat
1.2 Mendengarkan ungkapan perasaan, pujian, doa,
ajakan, pertanyaan, perintah, dan pemberitahuan sederhana
1.3 Mendengarkan deskripsi benda, tumbuhan,
dan hewan, dan menyebutkan nama
bendanya
1.4 Mendengarkan isi dongeng binatang (fabel),
menyebutkan tokoh-tokoh, dan menanggapinya
MEMBACA
3.1 Membaca dengan sikap yang
benar (cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan cahaya yang
terang)
3.2 Membaca nyaring kata dan
kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat
3.3 Membaca
lancar teks (20-25 kalimat/100 kata) dengan intonasi
yang tepat
3.4 Membaca isi cerita binatang (sekitar 100 kata)
dan menanggapi isinya
|
3.1 Mengenali melalui pengamatan terhadap objek,
bentuk benda, wujud benda, serta perubahan benda yang berada di sekitar
rumah, jalan, dan sekolah
3.2 Memahami isi cerita melalui mendengarkan
cerita yang dibacakan orang lain
dengan penuh perhatian dan mengajukan pertanyaan
3.3 Memahami cara melafalkan kata dan kalimat
dengan benar
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
BERBICARA
2.1 Menggunakan informasi tentang data diri untuk
memperkenalkan diri sendiri dengan bahasa yang santun
2.2 Mengenal dan menceriterakan kepada teman bagian
tubuh dan kebutuhannya, lingkungan
yang sehat, dan menerapkan pola hidup sehat
2.3 Mengamati dan menceriterakan bentuk benda, wujud
benda serta perubahannya.
2.4 Menceriterakan hasil pengamatan tentang benda langit
yang nampak pada siang dan malam hari
2.5 Menggunakan informasi yang diterima untuk bertegur sapa, bertanya jawab , memberikan
pujian, doa, memberikan perintah, dan
menyampaikan pemberitahuan sederhana kepada orang lain dengan menggunakan
kata yang tepat dan santun
2.6 Mengamati dan
menjelaskan (rasa, bentuk, aroma) buah, tanaman, masakan, dan sebagainya
2.7 Mengamati dan
menceritakan letak rumah di lingkungan sekitar
2.8 Menjelaskan apa yang akan dilakukan seandainya
menjadi salah satu tokoh dalam cerita itu
MENULIS
4.1 Menulis dengan sikap yang
benar (cara duduk, cara memegang
pensil, cara meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang terang)
4.2 Menulis permulaan dengan membuat berbagai bentuk garis lurus, garis
lengkung, setengah lingkaran, lingkaran,
dan bentuk huruf
4.3 Menulis huruf lepas dan tegak bersambung,
kata, dan kalimat sederhana dari buku
atau papan tulis
4.4 Melengkapi hurufdan kata berdasarkan gambar
4.5 Mengamati contoh dan menerapkan penulisan
kalimat berdasarkan gambar dengan huruf lepas dan tegak bersambung
4.6 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan huruf lepas dan huruf tegak
bersambung
4.7 Menulis identitas diri dan cerita kegiatan
sehari-hari (sekitar 100 kata)
|
4.1 Berkomunikasi
secara lisan dengan orang lain dengan
menggunakan informasi tentang data diri, bagian tubuh dan kebutuhan
tubuh, lingkungan dan pola hidup sehat, lingkungan sekitar ,
buah, tanaman, dan masakan
4.2 Menceritakan
hasil pengamatan di rumah, jalan, sekolah dengan kalimat sederhana
4.3 Berbicara
spontan tentang diri
4.4 Menanggapi
cerita dongeng binatang (fabel) dan menjelaskan apa yang akan dilakukan
seandainya menjadi salah satu tokoh dalam cerita.
4.5 Mengamati
tentang diri, makhluk hidup dan benda di sekitar dan menceritakan kepada
orang lain
4.6 Mengamati
contoh penulisan kata sebagai keterangan gambar, bercerita dan menyalin kata
4.7 Menulis
kalimat pendek (2–4 kata) yang didiktekan guru dengan huruf lepas
4.8 Menerapkan
cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar (cara duduk, jarak mata dan
buku, cara memegang buku, cara membalik halaman buku, memilih tempat dengan
cahaya yang terang)
4.9 Menerapkan
cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara
meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang
terang)
|
KELAS II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BERDASARKAN
PERMENDIKNAS NO. 22 TAHUN 2006
|
USULAN KOMPETENSI DASAR
|
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya.
|
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia
yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
1.3 Mengucapkan doa dengan bahasa yang
baik sesuai dengan agama yang dianutnya
|
|
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
2.1 Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat,
terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.2 Gemar menggali informasi melalui membaca dan
mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku hemat energi dalam kehidupan
sehari-hari
2.4 Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah dan di sekolah
|
MENDENGARKAN
1.1 Mendengarkan isi teks pendek (250-300 kata) dan menyampaikan kembali isinya dengan
bahasa yang santun
1.2 Mendengarkan pesan pendek orang lain , serta
menyampaikan kembali isinya dengan bahasa yang santun
1.3 Mendengarkan kalimat
larangan, permintaan, dan penolakan dan mencoba melakukan
1.4 Mendengarkan isi syair lagu anak-anak, dan menyampaikan
kembali isinya
MEMBACA
3.1 Membaca teks pendek (20-25 kalimat),
menanya, dan menanggapi isinya
3.2 Membaca nyaring teks (25-35 kalimat) memperhatikan lafal dan intonasi yang tepat
3.3 Membaca dan meringkas isi teks (25-35 kalimat
sederhana)
4.1
Membaca
puisi anak-anak dengan lafal dan intonasi yang tepat dan menjelaskan isinya
|
3.1 Mendengarkan pesan pendek, larangan,
permintaan, penolakan, teks pendek, lagu anak-anak dan memberikan tanggapan yang sesuai
3.2 Membacakan kalimat sederhana dan puisi
anak-anak (dengan lafal dan intonasi yang tepat) dan menjelaskan isi
3.3 Mendengarkan cerita tentang kegiatan
sehari-hari, gambaran tentang alam sekitar, dan memahami isinya
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
BERBICARA
2.1 Bertanya kepada orang lain dengan pilihan kata yang tepat dan santun
2.2 Menyampaikan kalimat larangan, permintaan, penolakan, dan doa dengan bahasa yang
santun dan menanggapinya
2.3 Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas, kerja bakti, dsb.) dan menanyakan informasi yang kurang jelas
2.4 Menceritakan dengan menggunakan bahasa sederhana tentang kegiatan sehari-hari yang
berkaitan dengan dirinya serta cara merawat hewan dan tumbuhan yang ada di
sekitar
2.5 Bermain peran dengan mengandaikan diri sebagai
seseorang yang mengalami perasaan tertentu
2.6 Menjelaskan isi puisi anak-anak dengan bahasa
sendiri dan
2.7 Mengamati, membedakan dan menceriterakan keadaan
alam, dan aktivitas mahluk hidup pada waktu siang dan malam hari
2.8 Menerapkan pola hidup hemat energi dan menceriterakannya.
MENULIS
4.1 Menulis kalimat sederhana yang didiktekan guru
dengan menggunakan huruf tegak bersambung dan dengan memperhatikan penggunaan
huruf kapital dan tanda titik
4.2 Mengamati, menanya, dan menuliskan ciri-ciri
tumbuhan atau binatang di lingkungan sekitar secara sederhana
4.3 Menyalin puisi anak-anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
4.4 Menuliskan kalimat sederhana dengan mengandaikan diri sebagai
seseorang dengan perasaan tertentu
4.5 Mengidentifikasi dan membuat daftar berbagai
sumber energi dan kegunaannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
4.1 Bercerita
tentang pengalaman yang mengesankan
4.2 Menceritakan kegiatan sehari-hari yang menerapkan pola hidup hemat energi
4.3 Berbicara spontan tentang diri sendiri dan keluarga
4.4 Memelihara
hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dan menceritakan
pengalamannya
4.5 Menyampaikan informasi (jadwal upacara, piket kelas, kerjabakti, dsb.)
kepadateman, anggota keluarga
4.6 Mengamati keadaan dan kenampakan alam, aktivitas makhluk hidup (pada
waktu siang dan malam hari) dan menanggapinya secara lisan dengan kalimat
[(Seandainya saya _____, saya akan _______.”) berdasarkan hasil pengamatan)]
4.7 Menulis kalimat
sederhana berdasarkan
gambar dengan menggunakan
huruf lepas dan tegak bersambung dan dengan memperhatikan penggunaan
huruf kapital dan tanda titik
4.8 Menerapkan
cara membaca (permulaan) dengan cara yang benar
(cara duduk, jarak mata dan buku, cara memegang buku, cara membalik halaman
buku, memilih tempat dengan cahaya yang
terang)
4.9 Menerapkan
cara menulis (permulaan) dengan benar (cara duduk, cara memegang pensil, cara
meletakkan buku, jarak mata dan buku, dan memilih tempat dengan cahaya yang
terang)
|
KELAS III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BERDASARKAN
PERMENDIKNAS NO. 22 TAHUN 2006
|
USULAN KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran
agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan
di rumah.
1.3 Mengucapkan doa dengan bahasa yang
baik sesuai dengan agama yang dianutnya
|
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru
|
2.1 Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat,
terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.2 Gemar menggali informasi melalui membaca dan
mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku hemat energi dalam kehidupan
sehari-hari
2.4 Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
MENDENGARKAN
1.1 Mendengarkan penjelasan dan menanggapi dalam kegiatan diskusi
1.2 Mendengarkan dan melakukan
sesuatu sesuai dengan petunjuk
1.3 Mendengarkan dan menanggapi
isi cerita pengalaman teman
1.4 Mendengarkan isi teks
percakapan dan bermain peran sesuai dengan
isi teks tersebut
1.5 Mendengarkan dongeng atau
legenda dan menceritakan kembali
isinya
MEMBACA
3.1
Membaca isi
teks (35-45 kalimat/
250-300 kata), dan menjelaskan
kembali isinya
3.2
Membaca dongeng dan menceritakan kembali isinya
3.3
Membaca puisi dan menjelaskan isinya
3.4 Membaca cerita
anak-anak dan menceritakan kembali isinya
|
3.1
Mendengarkan petunjuk, penjelasan, cerita pengalaman teman dan mengajukan pertanyaan
3.2
Mendengarkan
penjelasan tentang perubahan
cuaca dan musim serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia dan
menanggapinya dengan menulis pertanyaan
3.3 Membaca dongeng, puisi anak-anak dan mengungkapkan kembali dalam
permainan peran
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
BERBICARA
2.1 Menceritakan pengalaman
yang mengesankan dan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.2 Menjelaskan urutan membuat/melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami
2.3 Menjelaskan lambang
(lalu lintas, pramuka, dsb) dengan kalimat yang runtut
2.4 Menceritakan peristiwa yang dialami secara runtut
2.5 Menjelaskan permasalahan yang ada di lingkungan
sekitar dan memberikan saran perbaikan
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan santun
2.6 Mendaftar jenis-jenis pekerjaan dan mengungkapkan
pengandaian diri sebagai seseorang berprofesi tertentu
2.7 Membaca cerita anak-anak dan menceritakan kembali
isinya
2.8 Mengamati dan melaporkan secara lisan tentang perubahan cuaca dan musim
serta pengaruhnya terhadap kegiatan manusia
MENULIS
4.1 Mengolah informasi dari gambar seri untuk menulis
karangan
4.2 Menulis pesan singkat kepada teman-teman
4.3 Mengolah informasi dari gambar untuk menulis puisi
4.4 Mengolah peristiwa menyedihkan yang dialami orang
lain untuk menuliskan apa yang akan dilakukan seandainya mengalami kesedihan
4.5 Mengamati dan melaporkan secara tertulis yang memuat
uraian, bagan, gambar tentang daur hidup beberapa jenis mahluk hidup dan
menunjukkan kepedulian terhadap mahluk hidup
4.6 Mengidentifikasi dan menjelaskan berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak ) dan
kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.1
Menggunakan dongeng, legenda, pengalaman, peristiwa yang mengesankan untuk menuliskan kembali dalam beberapa kalimat sederhana
4.2
Menulis dalam satu paragraf
sederhana dan puisi berdasarkan pengalaman atau pengetahuan sebelumnya
4.3
Berbicara spontan tentang diri
sendiri, keluarga, dan sekolah
4.4 Menjelaskan secara lisan bagan,
gambar tentang daur hidup beberapa jenis makhluk
hidup dengan menunjukkan
kepedulian terhadap makhluk hidup dengan
bahasa yang runtut
4.5 Mengidentifikasi dan menjelaskan secara lisan berbagai bentuk energi
(panas, listrik, gerak ) dan
kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari
4.6
Menjelaskan secara lisan permasalahan yang ada di lingkungan sekitar dan menuliskan saran
pemecahan dalam beberapa kalimat
4.7
Menjelaskan jenis-jenis pekerjaan dan menang gapinya secara tertulis
dengan kalimat [( ”Seandainya saya _____, saya akan _______.”) sebagai seseorang yang berprofesi tertentu]
4.8
Menuliskan pesan singkat kepada teman-teman
4.9 Mengamati
daur hidup hewan (kupu-kupu,
katak, capung, belalang) dan melaporkan hasil pengamatan secara tertulis
dalam bentuk uraian, bagan, gambar
4.10 Mengidentifikasi berbagai bentuk energi (panas, listrik, gerak) dan
menjelaskan kegunaannya
dalam kehidupan sehari-hari secara
lisan dan tulis
|
KELAS IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BERDASARKAN
PERMENDIKNAS NO. 22 TAHUN 2006
|
USULAN KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan
di rumah.
1.3 Mengucapkan doa dengan bahasa yang
baik sesuai dengan agama yang dianutnya
|
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
|
2.1 Menyapa dan menyampaikan ucapan selamat,
terima kasih atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.2 Gemar menggali informasi melalui membaca dan
mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku hemat energi dalam kehidupan
sehari-hari
2.4 Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
MENDENGARKAN
1.1 Mendengarkan penjelasan dan menanggapi dalam kegiatan diskusi
1.2 Mendengarkan dan melakukan
sesuatu sesuai dengan petunjuk
1.3 Mendengarkan dan menanggapi
isi cerita pengalaman teman
1.4 Mendengarkan isi teks
percakapan dan bermain peran sesuai dengan
isi teks tersebut
1.5 Mendengarkan dongeng atau
legenda dan menceritakan kembali
isinya
MEMBACA
3.1 Membaca teks (250-300 kata), membuat pertanyaan, dan menemukan gagasan
pokok
3.2 Membaca isi petunjuk
pemakaian suatu alat dan melakukannya
3.3 Membaca dan menemukan makna
kata dalam kamus /ensiklopedia
3.4 Membaca nyaring suatu
pengumuman dengan lafal dan intonasi [indikator: siswa lain menanggapi cara
pembacaan temannya)
3.5 Membaca teks drama anak-anak
dan menjelaskan isinya (tokoh, tempat, amanat)
|
3.1 Mendengarkan informasi berdasarkan penjelasan
mengenai denah
3.2 Mendengarkan pengumuman yang dibacakan, dialog
yang mengandung tawaran, larangan, teguran, pemberitahuan dan menuliskan
kembali intinya dalam satu atau dua kalimat
3.3 Membaca teks tentang berbagai topik, membuat
pertanyaan, dan menuliskan gagasan pokok
3.4 Membaca isi petunjuk pemakaian suatu alat dan
melakukannya
3.5 Membaca dan menemukan makna kata dalam kamus
/ensiklopedia
3.6 Membaca cerita rakyat dan menjelaskan isinya
(tokoh, tempat, amanat)
|
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
BERBICARA
2.1 Menjelaskan kembali isi
informasi yang disampaikan dalam bentuk denah
2.2 Menjelaskan petunjuk
penggunaan suatu alat dengan bahasa yang mudah dipahami dan kalimat yang
runtut
2.3 Membaca naskah drama
anak-anak dan memerankannya dengan ekspresi yang sesuai
2.4 Bermain peran sebagai figur tertentu (dokter, guru,
pedagang sayur, polisi, dsb.) yang sedang berbicara.
2.5 Menjelaskan jenis dan
persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi dgn menggunakan peta dan
atlas
2.6 Mewawancara teman satu
sekolah dan mengidentifikasi berdasarkan identitas suku bangsa (nama suku
bangsa, istilah kek erabatan, nama
pakaian tradisional, nama makanan khas, dsb.) dalam tabel
2.7 Mengamati dan menceriterakan
bentuk luar (morfologi) tubuh hewan
dan tumbuhan serta fungsinya
MENULIS
4.1
Melengkapi bagian cerita yang rumpang
4.2 Menulis petunjuk cara melakukan sesuatu
4.3 Melengkapi percakapan yang belum selesai dengan
memperhatikan ejaan (tanda baca, titik dua, dan tanda petik) yang benar
4.4 Menulis surat pribadi kepada teman sebaya tentang
pengalaman atau cita-cita
4.5 Menyusun karangan sederhana tentang topik tertentu dengan
memperhatikan penggunaan ejaan (huruf
besar, tanda titik, tanda koma, dsb.)
4.6 Menulis puisi dengan bantuan gambar
4.7 Menuliskan apa yang akan dilakukan seandainya
menjadi tokoh yang dicita-citakan
4.8 Menyelidiki dan melaporkan secara tertulis sifat
benda dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
4.9 Menyelidiki hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menjelaskan kembali isi informasi yang disampaikan dalam bentuk
denah (dengan membuat denah)
·
Melengkapi bagian cerita rumpang dengan kalimat
yang tepat
·
Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman
atau cita-cita dengan menggunakan ejaan yang benar
·
Menjelaskan secara lisan
petunjuk penggunaan suatu alat dengan bahasa yang mudah dipahami dan kalimat yang runtut
·
Membaca naskah drama anak-anak (tentang berbagai topik) dan memerankannya dengan ekspresi
yang sesuai
·
Bermain peran sebagai figur tertentu (dokter, guru,
pedagang sayur, polisi, dsb.) yang
sedang berbicara.
·
Menjelaskan secara lisan jenis dan persebaran sumber daya alam serta
pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi dengan menggunakan peta dan atlas
·
Mewawancara teman satu sekolah untuk mengumpulkan
informasi tentang identitas diri (nama-nama suku bangsa), istilah
kekerabatan, nama pakaian tradisional, nama makanan khas, dsb. dan
menuliskannya ke dalam tabel.
·
Mengamati dan mendeskripsikan
secara lisan bentuk luar (morfologi) tubuh
hewan dan tumbuhan serta fungsinya
· Menyelidiki dan
menuliskan hasil penyelidikan secara tertulis sifat benda dan pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari
·
Menyelidiki hubungan antara gaya, gerak, dan energi serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari dan
menyimpulkan hasil penyelidikan secara tertulis
|
KELAS V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BERDASARKAN
PERMENDIKNAS NO. 22 TAHUN 2006
|
USULAN KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1 Menerima Bahasa Indonesia sebagai
anugrah Tuhan yang dapat digunakan untuk mempersatukan bangsa
1.2 Mendengarkan penggunaan bahasa
Indonesia yang baik untuk berdoa (sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan
di rumah.
1.3 Mengucapkan doa dengan bahasa yang
baik sesuai dengan agama yang dianutnya
|
|
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
|
2.1 Menyapa orang lain dan menyampaikan ucapan
selamat, terima kasih, atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.2 Gemar menggali informasi melalui membaca dan
mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku hemat energi dalam kehidupan
sehari-hari
2.4 Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan
konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
MENDENGARKAN
1.1 Mendengarkan penjelasan narasumber (petani,
pedagang, nelayan, karyawan, dsb.) dan menanggapinya dengan bahasa yang
santun
1.2 Mendengarkan cerita tentang peristiwa di lingkungan sekitar dan menanggapinya
1.3
Mendengarkan pantun, dan mengungkapkan kembali isinya
1.4 Mendengarkan cerita rakyat dan menjelaskan isinya (tokoh, tema, tempat, amanat)
MEMBACA
3.1
Membaca teks percakapan dengan lafal dan intonasi
yang tepat dan menjawab pertanyaan
3.2 Membaca dan menemukan informasi penting teks dengan
cepat (75 kata per menit)
3.3 Membaca teks tentang perkembangan teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi dalam aktivitas ekonomi dalam konteks
nasional serta membandingkannya dengan konteks lokal
3.4 Membaca dan menemukan informasi tertentu dari teks
(buku telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dsb.)
3.5 Membaca dan menyimpulkan isi teks percakapan dalam
beberapa kalimat
3.6 Mengungkapkan kembali isi pantun anak-anak
|
3.1 Mendengarkan peristiwa di lingkungan sekitar
dan mengemukakan secara tertulis pendapat tentang peristiwa itu
3.2
Mendengarkan karya sastra (pantun anak-anak
atau cerita rakyat) dan mengungkapkan
kembali isinya secara tertulis
3.3 Memahami isi teks percakapan dan membacakan
teks percakapan dengan lafal dan intonasi yang tepat serta menuliskan
kesimpulan isinya dalam beberapa kalimat
3.4 Membaca dan menemukan informasi penting teks
dengan cepat (75 kata per menit)
3.5 Membaca dan menemukan informasi tertentu dari
teks (buku telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu,
dsb.)
|
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
BERBICARA
2.1 Menanggapi masalah yang sedang hangat dibicarakan di
media massa dengan bahasa yang santun
2.2 Menceritakan hasil pengamatan/ kunjungan dengan bahasa yang runtut
2.3 Melakukan wawancara
sederhana dengan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dsb.)
dengan bahasa yang santun
2.4 Menjelaskan jenis bencana alam di Indonesia dan
upaya penanggulangannya serta mengungkapkan pengandaian diri sebagai relawan
pada jenis bencana alam tertentu
2.5 Berbalas pantun dengan teks yang sudah dipersiapkan
dengan lafal dan intonasi yang sesuai
2.6 Mendiskuikan tentang organ tubuh manusia dan
fungsinya serta cara menjaga kesehatan (pencernaan, pernapasan, dan peredaran
darah)
2.7 Membuat rancangan dan menulis prosedur cara-cara
membuat periskop sederhana dan kamera obskura berdasarakan konsep
sifat-sifat cahaya
MENULIS
1.1 Menulis paragraf dengan memperhatikan syarat-syarat
penulisan paragraf yang baik
1.2 Menulis karangan berdasarkan pengalaman sendiri atau
orang lain
1.3 Menulis surat resmi
1.4 Menyusun
dialog antara dua orang tokoh
1.5 Menulis ringkasan
artikel
1.6 Menulis laporan berdasarkan hasil
pengamatan/kunjungan suatu objek
1.7 Menulis pantun (kerukunan, kerja keras, toleransi,
persahabatan, dsb.)
1.8 Mendeskripsikan kerusakan alam akibat aktivitas
manusia dan upaya pencegahannya
|
4.1 Menjelaskan hasil pengamatan/ kunjungan secara lisan
4.2
Bercerita
tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi dalam
aktivitas ekonomi dalam konteks nasional
4.3
Berbalas
pantun dengan teks yang sudah dipersiapkan
4.4
Mendiskusikan
tentang organ tubuh manusia dan fungsinya dan
bagaimana menjaga kesehatan (pencernaan, pernapasan, dan peredaran
darah)
4.5
Menerapkan
sifat-sifat cahaya dalam membuat suatu karya dan menjelaskan cara kerjanya
secara lisan
4.6
Menjelaskan
secara tertulis jenis bencana alam di Indonesia dan upaya penanggulangannya
serta mengungkapkan pengandaian diri sebagai relawan pada jenis bencana
alam tertentu
4.7
Menulis
karangan tentang berbagai topik
4.8
Menulis
surat resmi (mengundang sekolah lain untuk kegiatan tertentu)
4.9
Menyusun dialog antara dua orang tokoh
4.10 Menulis ringkasan artikel
4.11 Menulis laporan berdasarkan hasil
pengamatan/kunjungan suatu objek
4.12 Menulis pantun (kerukunan, kerja keras,
toleransi, persahabatan, dsb.)
4.13 Mendeskripsikan secara lisan kerusakan alam
akibat aktivitas manusia dan upaya pencegahannya
|
KELAS VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR BERDASARKAN
PERMENDIKNAS NO. 22 TAHUN 2006
|
USULAN KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1
Menerima Bahasa Indonesia sebagai anugrah Tuhan yang dapat digunakan
untuk mempersatukan bangsa
1.2
Mendengarkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik untuk berdoa
(sesuai agama yang dianutnya) di sekolah dan di rumah.
1.3
Mengucapkan doa dengan bahasa yang baik sesuai dengan agama yang
dianutnya
|
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
|
2.1 Menyapa orang lain dan menyampaikan ucapan
selamat, terima kasih, atau permohonan maaf sesuai dengan konteksnya
2.2 Gemar menggali informasi melalui membaca dan
mendengarkan dari sumber lain berdasarkan rasa ingin tahu
2.3 Berperilaku hemat energi dalam kehidupan
sehari-hari
2.4 Menunjukkan kepedulian terhadap makhluk hidup
dalam kehidupan sehari-hari
|
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain
|
MENDENGARKAN
1.1 Mendengarkan isi berita dari televisi atau radio, mencatat pokok-pokok isinya, dan menanggapi isinya
1.2 Mendengarkan
cerita anak dan menjelaskan tokoh, latar, tema,dan amanat
1.3 Mendengarkan drama pendek
anak, menjawab pertanyaan, dan menanggapi isinya
MEMBACA
3.1 Membaca laporan hasil pengamatan/ kunjungan dan menyajikannya secara lisan
3.2 Membaca dan menanggapi informasi dari
kolom/rubrik khusus (majalah anak-anak, koran, dsb.)
3.3 Membaca
teks tentang gejala alam di Indonesia dan mengajukan pertanyaan,
meringkas, dan memberikan tanggapan
3.4 Membaca artikel yang berisi tabel atau grafik
tentang barang-barang yang diperdagangkan dari dan ke luar Indonesia dan
menyimpulkan
3.5 Membaca dan menjelaskan isi drama anak-anak (tokoh, sifat tokoh, latar, alur, dan
amanat)
3.6 Membaca dan menjelaskan isi teks pidato dengan
kalimat yang runtut
3.7 Membuat kamus kecil dari berbagai bidang (IPA
dan IPS)
3.8 Membaca teks dan mendiskusikan cara-cara
mengelola usaha koperasi
|
3.1 Mendengarkan isi berita dari televisi atau radio, mencatat pokok-pokok isinya, dan menanggapi isinya secara
tertulis
3.2 Mendengarkan atau membaca drama
anak-anak dan menjelaskan secara lisan tokoh, latar, tema,dan amanat serta
memerankannya
3.3 Membaca laporan hasil kunjungan
ke tempat produk-produk unggulan lokal dan menyajikan hasil pengamatan secara
lisan
3.4 Membaca dan mengajukan pendapat
secara tertulis informasi dari kolom/rubrik khusus (majalah anak-anak, koran,
dsb.)
3.5 Membaca teks tentang berbagai peristiwa (gejala
alam, pencemaran, perubahan iklim), mengajukan pertanyaan, meringkas, dan
mengajukan pendapat secara tertulis
3.6 Membaca artikel yang berisi
tabel atau grafik tentang barang-barang yang diperdagangkan dari dan ke luar
Indonesia dan menarasikannya
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan
konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
BERBICARA
2.1 Menyampaikan pesan atau informasi dari berbagai media (cetak dan elektronik) dengan bahasa yang
runtut
2.2 Mengamati benda seni dan
menanggapi (mengkritik atau memuji)
dengan alasan dan bahasa yang santun
2.3 Berpidato untuk berbagai
keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dsb.) dengan bahasa yang
santun
2.4 Melaporkan buku yang dibaca
(judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) kalimat yang runtut
2.5 Merakit bel dan model
penerangan rumah, serta mempresentasikan prosedur pembuatannya
2.6 Membacakan puisi karya
sendiri dengan lafal, intonasi dan
ekspresi yang tepat
MENULIS
4.1 Mengisi formulir (pendaftaran,
kartu anggota, daftar riwayat hidup, dsb.)
4.2 Membuat ringkasan buku
4.3 Menyusun dialog antara tiga
orang atau lebih
4.4 Menyusun naskah pidato atau
sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dsb.)
4.5 Menulis karangan tentang dampak
positif dan negatif dari masuknya budaya asing ke Indonesia
4.6 Mengungkapkan tindakan yang
akan dilakukan seandainya menjadi seorang tokoh atau pemimpin dalam
menetapkan pilihan saat menghadapi berbagai perbedaan
4.7 Mengamati dan menyusun laporan tentang
peristiwa makan dan dimakan pada hewan, dan cara penyesuaian diri terhadap
lingkungan terkait dengan bentuk tubuh
4.8 Melakukan penyelidikan sederhana dan
menulis laporan tentang perubahan bentuk energi dan pemanfaatannya dalam
kehidupan
4.9 Menulis puisi tentang lingkungan sekitar
|
4.1
Menyampaikan pesan atau informasi dari berbagai media (cetak dan
elektronik) dengan bahasa yang runtut
4.2
Membacakan puisi karya sendiri
dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat
4.3
Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, daftar riwayat hidup, dsb.)
4.4
Menyusun naskah pidato atau sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan
sekolah, dsb.)
4.5
Menulis karangan tentang dampak positif dan negatif dari masuknya budaya
asing ke Indonesia
4.6
Mengungkapkan secara lisan tindakan yang akan dilakukan seandainya
menjadi seorang tokoh atau pemimpin dalam menetapkan pilihan saat menghadapi
berbagai perbedaan
4.7
Mengamati dan menyusun laporan tentang peristiwa makan dan dimakan
(rantai makanan) pada hewan, dan cara penyesuaian diri terhadap lingkungan
terkait dengan bentuk tubuh
4.8
Melakukan penyelidikan sederhana dan menulis laporan tentang perubahan
bentuk energi dan pemanfaatannya dalam kehidupan
4.9
Membaca teks dan mendiskusikan cara-cara mengelola usaha koperasi
4.10 Menceritakan kebanggaan
penggunaan produk nasional
4.11 Mengenal dan menceritakan
produk unggulan di daerahnya (provinsi)
4.12 Membaca teks tentang gejala alam di Indonesia dan
mengajukan pertanyaan dan memberikan tanggapan dalam diskusi
4.13 Menulis puisi tentang
lingkungan sekitar
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar